Menghadapi Ujian Nasional SMP

Diposting pada: 2015-06-25, oleh : Admin2, Kategori: Tanpa Kategori

Ujian Nasional (UN), sejak dari pertama diberlakukan sampai sekarang belum lepas dari kontroversi. Ada pihak yang mendukung terhadap pelaksanaan UN, tapi juga tidak sedikit pihak yang menyayangkan atas diberlakukannya UN dan menghendaki UN sebaiknya ditiadakan. Tetapi walau demikian adanya pemerintah tetap pada keputusan untuk melaksanakan UN sebagai salah satu standar kelulusan.

Walapun demikian adanya, kita sebagai pendidik, orang tua ataupun siswa tidak perlu berpolemik terhadap hal tersebut, toh UN tetap akan dilaksanakan dan kita akan menghadapinya. Yang harus kita lakukan sekarang adalah mempersiapkan matang-matang untuk menghadapinya. Dengan harapan hasil yang akan kita capai sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Ketika mendengar kata "UN", pikiran kita melayang membayangkan masa-masa kritis di sekolah, setumpukan modul, setumpukan buku yang harus dibaca, dan sangat anti terhadap kata "tidak lulus" seolah-olah hasil UN itu adalah hasil kita sendiri dan mengabaikan kuasa Allah SWT. Padahal apapun, di manapun, bagaimanapun, kapanpun semuanya atas kehendak Allah SWT. Oleh karena itu, selain berusaha sekuat mungkin dengan belajar dan latihan-latihan, kita juga harus memiliki hubungan yang lebih erat dengan Dzat yang Maha Kuasa.

Adapun beberapa hal yang dapat kita lakukan adalah:

  1. Selalu berdo’a dan memohon dido’akan. Karena ini adalah kewajiban kita untuk selalu memohon kepada Allah SWT. untuk segala keberhasilan dan kebaikan kita.
  2. Perbanyaklah amalan-amalan kebaikan.
  3. Mohon do'a restu dari orang tua dan guru.
  4. Bersikap proaktif
  5. Perbanyaklah baca dan latihan soal.
  6. Belajar berkelompok
  7. Menyusun rencana belajar mingguan sampai harian.
  8. Mengurangi waktu bermain dan memperbanyak waktu belajar
  9. Hadapilah ujian dengan tenang.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan. Kepada seluruh siswa yang akan mengikuti UN terutama para santri kelas IX SMP Pondok Pesantren Baitul 'Izzah Nusantara janganlah panik, optimis dan percaya dirilah, Kamu pasti bisa!!! Semoga hasil yang akan Kamu dapatkan sesuai dengan apa yang diharapkan. Amiin….

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  Opsional, boleh kosong
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini